Binkam  

Perjuangan Satgas Covid-19 Desa Pelangan

Pelangan, (InfoPublikPelangan) – Sebagai upaya memaksimalkan pencegahan di mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) di Desa Pelangan, Pemdes Pelangan terus membangun sinergi dengan seluruh stakeholder. Tak hanya di lintas sektoral, sinergitas juga dibangun hingga ke tingkat Dusun dan RT sebagai ujung tombak di lapangan. Hal ini dilaksanakan dengan pembentukan Satgas Covid-19 di tingkat Desa Pelangan dalam menjalani program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro yang dikemas dengan Lomba Kampung Sehat Jilid 2 yang diinisiasi oleh Kapolda NTB.

Kades Pelangan, Akhmad Zainul Hafiz, S.H, Rabu (6/5/2021), di Posko Terpadu PPKM Skala Mikro mengatakan Satgas Siaga Covid-19 ini telah diaktifkan sejak 16 Maret 2021. Tugas dari Satgas ini selain bersiaga di posko juga memberikan edukasi dan imbauan kepada masyarakat serta membagikan masker gratis untuk masyarakat Desa Pelangan.

Adapun Satgas Covid-19 di tingkat Desa Pelangan juga bertugas untuk melakukan pemantauan wilayah dengan membentuk barisan barikade sepanjang tepi jalan raya yang menjadi potensi kerumunan seperti pasar tradisional Desa Pelangan yang mana setiap hari Rabu merupakan hari pasaran bagi masyarakat Desa Pelangan. Mereka tidak hanya berdiri tegak saja namun aktif memberikan nasehat, himabaun dan  melaksanakan monitoring serta evalusai pelaksanaan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19, bahkan tidak segan segan memberikan sanksi bagi mereka yang masih kepala batu mengabaikan protocol kesehatan terutama pentingnya penggunaan masker. Sehingga sinergitas penanganan hingga lapisan terbawah diharapkan efektif dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

“Tentunya langkah preventif guna memutus penyebaran dapat dilaksanakan langsung di masyarakat, mulai dengan sosialisasi social dan physical distancing, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun, serta memastikan arahan pemerintah pusat, pemerintah povinsi, dan pemerintah kabupaten dapat terlaksanakan dengan baik,” kata Zainul Hafiz.

Jadi untuk memaksimalkan berbagai upaya pencegahan, Ari Wiwit Widiatmanto, S. KM salah seorang Ketua Tim Pencegahan  mengatakan  saat ini sudah satu bulan koordinasi dengan Babinsa  Babinkantibmas, LPMK, Bidan Pustu, Tokoh Masyarakat dan seluruh ketua RT terus ditingkatkan agar bisa melakukan pengawasan sebagai upaya pencegahan di lingkungannya.

“Satgas juga melakukan tindak lanjut setiap laporan warga, RT terkait adanya warga yang baru datang atau migrasi dari kota lain. Warga Desa Pelangan berharap dengan adanya Satgas Covid -19 ini kita semua bisa patuh dan terhindar dari wabah yang sedang melanda dunia pada saat ini. “Semoga pandemi ini segera berakhir,” harapnya (ss)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.