Cegah Konflik Sosial Kemasyarakatan, SINTELAD MABES AD dan Kodim 1606 Mataram Perkokoh Sinergitas Antara TNI Dengan Segenap Komponen Masyarakat

Mataram, NTB – Pembinaan Komunikasi (Binkom) dalam mencegah konflik sosial kemasyarakatan di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1606 Mataram yang di selenggarakan oleh Staf Intel Ankatan Darat (SINTELAD) Markas Besar (MABES) TNI AD di Aula Kodim 1606 Mataram, Jl. Pejanggik, Kota Mataram, Kamis (29/9/2022).

Dalam sambutannya Ketua Tim PABANDYA-1/RENPROGGAR SPABAN 1/REN SINTELAD Letkol Arh Tengku Sonatha, S.E., M.I.P., menyampaikan, “Dalam UU RI Nomor 7 Tahun 2012 tentang penanganan Konflik Sosial, di sebutkan bahwa penanganan konflik adalah serangkaian kegiatan yang dil akukan secara sistematis dan terencana dalam situasi dan peristiwa baik sebelum, pada saat maupun sesudah terjadi konflik yang mencakup pencegahan konflik, penghentian konflik dan pemulihan pasca konflik,” paparnya.

“Selanjutnya pencegahan konflik di lakukan dengan upaya memelihara kondisi damai dalam masyarakat, mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai, meredam potensi konflik serta membangun system peringatan dini,” jelasnya.

Ia menambahkan, “Marilah kita segenap komponen bangsa selalu bekerja sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah situasi yang sedang di landa berbagai permasalahan. Inilah yang menjadi Peran Seluruh Komponen Masyarakat dalam Mencegah Konflik Sosial,” tegasnya.

Sementara itu, Kasdim 1606 Mataram, Letkol Arh Yudia, S.Si., M.Si., yang mewakili Dandim 1606 Mataram mengatakan, “Banyak permasalahan terjadi di masyarakat yang di sebabkan kurangnya komunikasi antar masyarakat atau yang sering di sebut miskomunikasi,” terangnya.

“Untuk itu pelaksanaan kegiatan ini di harapkan dapat lebih meningkatkan kebersamaan, keselarasan dan dapat membangun komunikasi dialogis sehingga dapat memperkokoh sinergitas antara TNI   dengan segenap komponen Masyarakat, dengan demikian akan terwujud kesamaan pandangan dalam menghadapi dan menyikapi segala bentuk permasalahan yang terjadi di wilayah kita,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.