Antisipasi Pembawa PMK, Babinsa Ingatkan Peternak Untuk Memisahkan Hewan Baru Dengan Ternak Yang Lama

Lombok Barat, GiriMenangNews – Semakin meluasnya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku terhadap hewan ternak, Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama peternak sapi melakukan pengecekan di Kandang Sapi Bagek Nunggal, Desa Peteluan Indah, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Selasa (26/7/2022).

Babinsa Peteluan Indah Serda Muhasim mengatakan, “kami sebagai aparat komando kewilayahan memiliki perintah langsung dari komando atas dengan adanya PMK ini untuk antisipasi semakin meluas penyebarannya. Salah satunya kami datang ke warga binaan yang memiliki hewan ternak untuk melihat langsung kondisi kesehatannya,” ucapnya.

“kehadiran kami ke kendang bertujuan untuk memastikan hewan ternak seperti sapi terjaga kesehananya, serta memastikan pemberian makanan dan kebersihan kandang yang merupakan salah satu cara dalam pencegahan dini penularan PMK,” jelasnya.

“pemberian makanan menjadi prioritas untuk mememenuhi kebutuhan gizi hewan ternak, yakni sumber makanan yang di peroleh secara tradisional dengan cara peternak mencarikan rumput, dedaunan, serta batang pohon pisang yang di ambil lansgung dari kebun ataupun hutan,” terang Babinsa.

Ia juga menambahkan,”kepada para peternak agar selalu menjaga kebersihan di sekitar lingkungan kandang, mengingat kandang tersebut dekat dengan area pemukiman tempat tinggal warga, dengan harapan supaya tidak menimbulkan bau yang dapat menggangu kenyamanan warga di sekitar kandang sapi tersebut, peternak kami harapkan untuk membersihkan sisa makanan dan kotoran ke tempat yang telah di tentukan. Kami juga mengingatkan untuk memisahkan kandang sapi baru, ini kita khawatirkan dapat menularkan PMK,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.